Sunday, March 11, 2012

Alat Musik Unik

Gue mau bagi cerita menarik selama gue ikut Winter Camp di Wuhan, Cina.

Nih ya, gue mengunjungi sebuah museum yang letaknya di pusat kota Wuhan. Ini merupakan museum seni yang cukup populer di Wuhan. Di dalamnya ada sebuah alat musik yang gedenya mungkin 3 kalinya gajah yang babak belur. Alat musik ini adalah sekumpulan lonceng yang ukurannya bervariasi. FYI, alat musik ini hanya ada SATU dan tidak ditemui lagi di belahan dunia manapun. Pihak museum membuat 'miniatur' alat musik ini dan gue berkesempatan untuk menonton pertunjukan bermain lonceng-lonceng itu, kalian juga bisa nonton di sini kok:

http://www.youtube.com/watch?v=dXmQHK5xn8E&feature=plcp&context=C486a8f2VDvjVQa1PpcFONQyRU4mr69qKPYUfvXwdAQnzDNuJk0EM%3D

Miniaturnya aja segede bagong, gimana alat musik aslinya coba? Bayangin aja tuh gedenya seberapa. Susah buat deskripsiin alat musik ini pakai kata-kata. Pokoknya gue seneng banget bisa tahu kalau ada alat musik semacam itu di bumi ini. Masa ya, sejarahnya alat musik ini cukup tragis loh... (jujur, gue rada lupa. Tapi setahu gue sih ceritanya ya kayak gini)

Ada seorang Kaisar dari Cina yang sangat menyukai musik. Dia memiliki koleksi alat musik kuno dan senang untuk mendengarkan pengawal beserta dayang-dayangnya untuk memainkan kumpulan-kumpulan alat musik tersebut. Namun, kaisar ini gila perempuan. Saking banyaknya perempuan yang dia... well semacem dipacarin lah istilahnya, akhirnya masyarakat berminat untuk mengubur dia hidup-hidup beserta semua perempuan-perempuannya dan seluruh koleksi alat musiknya.

Beratus-ratus tahun kemudian, salah satu alat musik koleksi kaisar ini ditemukan oleh penemu dari Cina dan dengan dibantu oleh beberapa penemu dari negara lain, akhirnya mereka berhasil mengangkut salah satu alat musik koleksi kaisar tersebut. Gituuuuh.

Setahu gue sih ceritanya kayak gitu, kalau ada yang salah bisa langsung kasih tahu kok, entar gue benerin lagi. Mehehe.

No comments:

Post a Comment